Berbicara soal RomCom. Kebanyakan anime yang biasa aku tonton untuk genre ini selalu fokus kepada laki-laki sebagai sudut pandang utama. Dimana nantinya laki-laki tersebut akan fokus mendapatkan seorang heroine dari beberapa heroine yang ada. Kadang ujung-ujungnya bisa berakhir sebagai harem atau malah berakhir 1 perempuan saja. Sederhanaya, RomCom yang bisa aku tonton memang bertema Galge Game. Sebuah game Dating Simulator yang dikhususkan untuk cowok.

Mari kita sebut saja tontonan anime favoritku yang modelnya seperti ini. Haiyore! Nyaruko-san, Clannad, Seto no Hanayome, Hataraku Maou-sama!, Yosuga no Sora, Amagami SS, Oregairu, dan sebangsanya

Kesannya memang aku selama ini menonton RomCom nyari tema cowok yang punya harem dan “agak harem” dengan banyak karakter yang cewek yang cantik.

Karena tontonanku yang seperti ini. Aku sempat membenci genre Romance, khususnya ke RomCom. Bahkan saat aku nonton di episode pertama saja, aku sampai bisa menebak ke arah mana ceritanya dan kuakui aku sampai muak. Aku juga nggak menyentuh RomCom dengan tema Otome game (Dating simulator buat cewek) karena beralasan yang sama seperti ini.

Tapi semua pendapatku berubah setelah menonton Romantic Killer

[Review] Romantic Killer - RomCom tema Otome game dengan Plot Twist yang Keren. 1

Saat aku mau menonton anime ini. Aku melihat covernya dan merasa bahwa anime ini pasti bertemakan otome game. Seorang cewek cantik yang akan dikerubuti oleh para pria tampan.

Jujur saja aku mungkin nggak akan melanjutkan menontonnya kalau episode satu sudah ketebak ceritanya mau bagaimana. Tapi ternyata, aku dihadapkan oleh sebuah plot twist dengan eksekusi yang menarik.

Di dalam anime ini kita dihadirkan oleh seorang anak perempuan bernama Anzu yang benar-benar kurang pergaulan karena kesukaannya bermain game. Game yang dimainkanpun bukanlah sebuah game otome, tapi game action ala-ala pahlawan.

[Review] Romantic Killer - RomCom tema Otome game dengan Plot Twist yang Keren. 2

Karena hal ini, “perusahaan penyihir” ingin memperbaiki sifat Anzu sekaligus mengabulkan keinginan Anzu yang juga ingin mendapatkan kehidupan nyata dimana dia bisa disukai banyak cowok ganteng, seperti halnya di dalam dunia otome game.

Dalam banyanganku, aku kira Anzu akan menerimanya dengan mudah dan aku akan melihat sebuah cerita yang bakalan sama seperti halnya dalam sebuah game-game otome.

Tapi ternyata, Anzu malah menolak mentah-mentah. Alasan menolaknya juga termasuk sangat konyol dimana si peri yang mengurus Anzu, bernama Riri, mensita semua tiga hal yang paling disukainya, yaitu coklat, kucing, dan game. Alasan disita itu karena 3 benda inilah yang membuat Anzu menjadi kuper dan tidak bisa mendapatkan kesempatan mendapatkan pengalaman cinta.

Setelah semuanya disita. Riri akan membuat skenario “paksaan” kepada Anzu agar dia nantinya bisa mendapatkan pengalaman cinta yang seharusnya dia dapatkan.

Tentu saja, aku akan berhenti di sini agar aku tidak terlalu membeberkan ceritanya. Tapi, aku akan menjelaskan kenapa anime ini wajib ditonton.

Plot Twist

Memang aku sudah menjelaskan soal ini di awal-awal sebagai alasan kenapa anime ini menjadi menarik saat ditonton. Tapi plot twist yang diberikan tidak hanya berada pada satu episode pertama saja. Melainkan, hampir semuanya.

Kenapa bisa begitu? itu karena karakter Anzu yang keras kepala ini menjadikan hampir semua cerita benar-benar menjadi plot twist. tidak hanya bagi dari Anzu saja, tapi dari bagaimana mereka membelokkan cerita klise menjadi sesuatu yang lucu.

Contohnya saja adegan ini. Dimana Anzu terlambat ke sekolah. Di sini dia akan membayangkan cerita klise ala otome game dimana dia akan tertabrak orang ganteng. Plot twistnya? Dia memang ditabrak orang ganteng tapi ditabrak pakai mobil.

[Review] Romantic Killer - RomCom tema Otome game dengan Plot Twist yang Keren. 3

[Review] Romantic Killer - RomCom tema Otome game dengan Plot Twist yang Keren. 4

Menjadi MC Otome game tapi tidak terasa MC Otome game

Selain dari plot twist dari cerita yang ada. Karakter Anzu sendiri, seperti yang dijelaskan sebelumnya, benar-benar seorang keras kepala garis keras.

[Review] Romantic Killer - RomCom tema Otome game dengan Plot Twist yang Keren. 5

Dia benar-benar tidak ingin menjalani kehidupan layaknya sebuah MC di Otome game. Dia menghalalkan segala cara agar rencana Riri gagal. Selain itu, Selain itu, Anzu juga sama sekali tidaklah cantik untuk sebagai MC game Otome. Karena hal ini Anzu juga menjadi karakter yang unik dibandingkan karakter lain yang bertema hal yang sama.

Jika anda sering menonton anime dengan metode otome game ataupun galge game, karakter ini akan terlihat sangat baru untukmu.

Mereka benar-benar mengejek tema Otome Game yang klise

[Review] Romantic Killer - RomCom tema Otome game dengan Plot Twist yang Keren. 6

Salah satu yang membuat anime ini menarik adalah bagaimana mereka mengejek game-game otome dengan dibuat grafik CGI yang nyeleneh seperti ini.

Anime ini memang benar-benar berani keluar dari zona nyaman dan mencoba sesuatu yang baru.

Kesimpulan? Kalian harus menontonnya!

[Review] Romantic Killer - RomCom tema Otome game dengan Plot Twist yang Keren. 7

Anime ini bisa dibilang menjadi penyegar terbaik jika kalian sudah muak menonton anime romcom dengan model yang sama. Karakternya yang sama sekali tidak pasaran dan ceritanya yang banyak plot twist.

Aku mengharapkan Season 2 bakal lebih tambah baik lagi!

Farmuhan
Penulis yang akhirnya berpikir bahwa memiliki Mindset Boomer adalah cara yang terbaik untuk bisa bertahan hidup di dunia yang keras ini

Kesan Episode 1 KanColle: Itsuka Ano Umi de – Adalah sebuah penebusan yang terbaik.

Previous article

Seri Anime Fumetsu no Anata e 2 Ungkap Seiyuu Lainnya

Next article

Komentar

More in Anime

You may also like