Hello Weebs, selamat datang di media kami, Waritaku. Awalnya, media ini menggunakan nama Wibumesta, tetapi kami mengubahnya menjadi Waritaku.

Apa sih Waritaku?

Waritaku atau Warta Cerita Otaku adalah sebuah media yang secara khusus bertujuan untuk menyajikan berbagai informasi mengenai Jepang, terutama dalam hal hiburan Jepang, seperti Anime, Manga, Game, dan lain-lain.

Mengapa Waritaku Didirikan?

Sebagai penerus proyek media kami yang berawal dari sekadar halaman Facebook, Planet Wibu, kami membangun media Wibumesta ini, yang pada akhirnya kami rebrand menjadi Waritaku. Alasan tertentu dibangunnya media ini adalah untuk melengkapi kebutuhan informasi mengenai hal-hal yang sudah disebutkan di atas.

Beginilah Perjalanan Kami dari Proyek Media Awal Kami hingga Saat Ini

Halaman Facebook untuk media yang menyajikan informasi tentang Jepang pertama dibuat oleh saya, Mitohan, sekitar bulan Januari 2018. Kurang ingat lebih tepatnya, sebenarnya proyek pertama ini hanya meneruskan sebuah FP (FansPage) dari suatu grup yang telah saya telantarkan sejak tahun 2017. Namanya adalah A.F.I (Anime Fansclub Indonesia). Tidak berlangsung lama, halaman ini tiba-tiba hangus karena suatu alasan yang saat itu belum jelas.

Inilah Waritaku, Warta Cerita Otaku 1

Kemudian saya bersama teman-teman saya membuat FP baru yang bernama Anime Shinsekai, yang namanya terinspirasi dari FP Anime Sekai. Di masa ini saya bertemu dan mulai ngademin bersama dengan Founder AdeHaze. FP ini tidak berlangsung lama, hangus saat FP ini hanya baru memiliki sekitar 600 followers.

Ingin membuat lagi, dibuatlah FP dengan nama yang berbeda, yaitu RakueNime. FP ini hanya bertahan selama 1 bulan. Dengan followers sekitar 1200, FP tersebut hangus atau lebih tepatnya dipaksa unpublished oleh pihak Facebook pada sekitar akhir bulan April 2018.

Inilah Waritaku, Warta Cerita Otaku 2

Tidak menyerah dengan nama RakueNime, sampai bulan Mei sekitar tanggal 10 pada tahun itu, kami terus berulang-ulang membuat FP RakueNime, dengan nama yang dibeda-bedakan seperti New RakueNime, RakueNime 2, dan seterusnya hingga ada sekitar 5 FP, tapi semuanya hilang karena sebab yang sama pula. Momen aneh ini sempat dijuluki “Kena Kutukan” oleh para admin-adminnya dulu hehe. Sebabnya apa kok bisa begitu? Sayangnya para admin waktu itu tidak tau alasannya, tapi akhirnya terungkaplah suatu alasan yang lumayan “masuk logika.” Yaitu karena beberapa admin menggunakan akun lebih dari satu atau maksudnya akun klon untuk menjadi admin di situ.

Pantang menyerah pada tanggal 16 Mei 2018 dibentuklah FP dengan nama Planet Wibu dengan memutuskan untuk tidak akan pernah menggunakan “Akun Klon” untuk ngademin. Awalnya ingin dinamakan “Wibu Wakusei,” tapi karena lebih enak dengan nama Indonesianya, “Planet Wibu,” maka digunakanlah nama ini.

Inilah Waritaku, Warta Cerita Otaku 3

FP ini berhasil bertahan lama, mendapatkan followers yang sangat banyak, dan nama Planet Wibu sudah diketahui banyak orang. Sayangnya, pada tanggal 10 Mei 2019 sekitar jam 10 malam, FP ini hangus. Namun, penyebabnya berbeda dari FP sebelumnya yaitu CR (Copyright). Entah yang mana yang kena CR, FP ini langsung hilang seketika. Sebenarnya, 6 hari lagi sejak itu, FP ini ingin merayakan ulang tahunnya yang ke-1, dengan diadakannya GiveAway yang mungkin hadiahnya lumayan banyak dari sebelumnya (GA perayaan FP 5K likes). Juga jika FP ini sudah mencapai 30K likes, rencananya akan membuka situs web Planet Wibu, serta nantinya ingin diperkenalkan karakter maskot. Oh iya, FP ini hangus dengan likes sekitar 26.960 dan followers sekitar 55.000 lebih.

Ingin menyerah dan tidak akan mau membuat FP lagi awalnya, kami berubah pikiran dengan rencana ingin membuat kembali Planet Wibu dan membuatnya cepat besar dalam waktu singkat. Tetapi proyek “Planet Wibu Reverse” ini bisa dibilang gagal, karena tidak mencapai target yang ingin dicapai, sebagian admin hilang entah kemana, saya sendiri vakum karena bosan, lelah, kurang bantuan dan lain-lain, serta beberapa admin lain tidak menjaga FP ini dengan benar, seperti menunjukan attitude yang tidak baik, mengepos pos sampah (Shitposting) dan sebagainya.

Karena kami sudah tidak menyukai FP-nya, kami berniat untuk membubarkan Planet Wibu. Nah, dari sini lah kami ingin membuat proyek media yang berfokus pada situs web, bukan FP lagi. Sebenarnya sudah direncanakan saat kami masih mau fokus ke Planet Wibu, tapi tidak pasti. Proyek yang dimaksud ini adalah Wibumesta, Wibu Semesta, proyek yang menggantikan Planet Wibu yang sudah corrupt.

Inilah Waritaku, Warta Cerita Otaku 4

Nama Wibumesta/Wibu Semesta dipakai karena berkaitan dengan tujuan media ini, yaitu membahas segalanya yang berhubungan dengan Jepang, terutama mengenai dunia hiburan Jepang, selengkap-lengkapnya bagaikan “luasnya alam semesta.” Sebenarnya tujuan ini sama saja dengan tujuan Planet Wibu dahulu.

Akhirnya, setelah mengalami berbagai pengalaman saat menjalankan Wibumesta, pada tanggal 2 Oktober 2022, kami mengubah nama Wibumesta menjadi Waritaku. Alasan perubahan nama ini bisa kalian baca di sini.

Inilah Waritaku, Warta Cerita Otaku 5

Logo Waritaku terinspirasi dari Japan War Mask.

Inilah Waritaku, Warta Cerita Otaku 6

Pada saat ini juga kami memutuskan bahwa tujuan utama Wibumesta telah gagal, ini disebabkan karena kurangnya dukungan, terutama dalam hal tenaga kerja. Lalu apa tujuan utamanya sekarang? Untuk sekarang kami lebih berfokus untuk menjadikan situs ini lebih ramai dikunjungi dan diminati banyak orang, selagi kami menyajikan banyak informasi yang lebih menarik daripada berfokus pada kelengkapan.

Ya begitulah bagaimana kami bisa berakhir dengan media Waritaku ini, berbagai pengalaman telah kami dapatkan. Pengalaman terberat? Sulitnya kami mendapatkan anggota yang benar-benar ingin membantu membangun media ini menjadi pengalaman terberat kami, karena dapat membuat dampak besar pada perkembangan situs ini, yang bisa menyebabkan berhentinya situs ini beroperasi dan menghentikan perjalanan kami.

Semoga media ini kedepannya berjalan lancar dan sukses dan selalu berguna untuk kalian , dan kami juga mengharapkan dukungan dan bantuan dari kalian.

Media yang lengkap informasi mungkin bagus, tetapi percuma jika hanya sedikit atau bahkan tidak ada yang menerima informasi-informasi itu.” ~ Mitohan.

Kalau kalian mau bergabung dengan kami, silahkan mendaftar di LINK ini.

Untuk Mengubungi Wibumesta, kalian bisa mengirimi kami email di alamat ini [email protected] / [email protected]

Administrator

Suzumiya Haruhi Pecahkan Teka-Teki Matematika Tak Terpecahkan Selama 25 Tahun

Next article

2 Komentar

  1. Haa

More in Simak

You may also like