Anime Selection Project episode 12 telah ditayangkan sejak hari Jumat (17/12). Kisah seorang gadis SMP bernama Miyama Suzune yang memiliki riwayat masa lalu dengan sering terbaring dirawat di rumah sakit karena menderita penyakit yang serius. Ia mencoba untuk mengikuti audisi idol bernama SELECTION PROJECT yang saat ini telah berlangsung pada musim ke-7, dan bertekad untuk menjadi idol terbaik yang melanjutkan idol legendaris SELECTION PROJECT yang pertama, Amasawa Akari.

Baca juga: [Review] SELECTION PROJECT – Episode 1 & 2

 

SELECTION PROJECT

Episode 12

Anime idol musim gugur 2021. Tidak terasa tinggal 1 episode lagi sebelum menjelang tamat. Anime ini menyajikan cerita yang cukup menggambarkan banyak sekali momen drama dan hal-hal yang cukup membawa perasaan.

Tidak seperti anime idol atau anime ber-genre musik pada umum-nya, Selection Project “awalnya” bukan-lah anime yang membawakan setiap karakter untuk bersatu dan bernyanyi bersama. Melainkan sebuah kompetisi yang hanya bisa dimenangkan oleh satu orang saja. Yap, itu dulu…

 

Tidak Ada Lagi yang Bersaing

Namun semua berubah saat negara api efek pertemanan “kita akan selalu bersama” menyerang. Semua yang awalnya musuh dan rival sekarang bersatu dan malah sama-sama hengkang dari SELECTION PROJECT. Bahkan karakter yang paling dingin dan selalu membicarakan tentang rival, Rena pun tidak luput dari efek pertemanan ini.

Kesan awal mimin terhadap konsep seperti ini sebenarnya tidak terlalu buruk. Dalam artian sebenarnya ada hal baik yang terjadi, tapi di sisi lain juga ada hal yang sebenarnya jadi absurd.

Momen baiknya, tentu bagi kalian yang tidak kuat melihat momen perpisahan, konsep awalnya rival menjadi bersatu adalah ide yang pas. Jadi kalian pasti akan melihat akhir cerita yang bahagia. Walau bagaimana pun akhirnya, yang jelas mereka akan terus bersama.

Namun sisi buruk-nya, SELECTION PROJECT menjadi berubah karena yang harusnya menghasilkan 1 orang pemenang, sekarang malah antara menang semua atau tidak ada yang menang. Mimin sudah memperkirakan sepertinya yang akan terjadi adalah antara tidak ada yang ter-eliminasi atau ter-eliminasi semua.

Sedikit mengingatkan mimin dengan anime Akuma no Riddle, dimana ini merupakan anime yang mengarahkan sekelompok orang untuk saling bunuh satu sama lain hingga nantinya yang tersisa hanya 1 orang. Namun pada akhirnya, yang terjadi malah… (bagi yang sudah menonton pasti sudah tahu akhirnya. Bagi yang belum, kalian bisa menonton-nya sebab mimin tidak ingin men-spoiler bagi yang belum menonton~).

[Review] SELECTION PROJECT - Episode 3 — 12 1

Dalam berkompetisi, kita pasti akan menemukan teman serta lawan baru. Bagi kalian yang pernah ikut sebuah kompetisi, lomba, turnamen, atau yang sejenisnya pasti pernah mengalami hal tersebut. Tidak peduli itu pertandingan lokal, global, ataupun virtual. Semuanya pasti akan bertemu sosok baru dan saling mengenal satu sama lain.

Mimin sebenarnya cukup terkesan karena dari sekian banyak karakter berbakat di Selection Project ini nantinya hanya ada 1 orang saja yang menjadi pemenang. Namun ada kekurangan dari hal ini, yaitu sang pemenang yang kemungkinan adalah sang karakter utama yaitu Suzune.

Tidak peduli bagaimana cerita berjalan, dan tidak peduli bagaimana kehebatan karakter lain di anime ini. Sang tokoh utama dipastikan menang, atau setidaknya masuk final jika memang menerapkan hanya 1 orang yang menjadi juara.

[Review] SELECTION PROJECT - Episode 3 — 12 2

Jadi apa perubahan konsep SELECTION PROJECT dari sistem pemenang 1 orang menjadi semua peserta menang atau ter-eliminasi itu bagus? Mungkin kalian sendiri punya pendapat yang berbeda. Tapi bagi mimin, kurang lebih 80% ini hal yang bagus. Sekali-kali kita harus menyaksikan momen dimana karakter utama tidak harus menjadi pemenang kan? hehe…

 

Konsep Eliminasi di SELECTION PROJECT

Meskipun perubahan konsep jumlah pemenang atau yang ter-eliminasi adalah masalah disini, namun yang sebenarnya menjadi masalah utama adalah sistem eliminasi SELECTION PROJECT itu sendiri.

Mungkin kalian pernah menonton acara kompetisi di televisi? Dimana konsep-nya sama dengan SELECTION PROJECT, yakni suara didapat dari penonton yang mendukung mereka dari mancanegara. Suara tertinggi akan menjadi pemenang, dan suara terendah akan gugur.

Namun untuk SELECTION PROJECT, disini malah menetapkan angka minimal. mulai dari 100.000 yell, hingga yang terakhir yaitu 2.000.000 yell. Kalian mungkin tahu sendiri bagaimana talenta dari orang-orang di musim ke-7 SELECTION PROJECT ini. Semuanya bagus, dan angka 100.000 yell bukan-lah sesuatu yang berat untuk mereka (walaupun di anime-nya mereka kesulitan setengah mati untuk mendapatkan itu, huhu..).

[Review] SELECTION PROJECT - Episode 3 — 12 3

Andaikan tidak ada angka minimal dan siapapun yang paling rendah akan di-eliminasi, pasti jalan cerita-nya akan berjalan menjadi semula, dimana hanya akan ada 1 pemenang. Yah, walaupun nantinya kembali lagi bahwa mungkin saja karakter utama yang akan menang atau masuk final~

 

Perjuangan Membentuk 9-tie

Setelah bersama-sama gugur di SELECTION PROJECT, sekarang terbentuklah grup idol 9-tie yang merupakan alumni musim ke-7 ajang tersebut.

Sebagai penonton, mimin juga merasa sedikit aneh dengan 9 orang ini, sama halnya dengan para penonton di yang ada di dalam anime ini. Bisa-bisanya mereka menggugurkan diri setelah menyingkirkan banyak orang yang ingin menang dalam kompetisi ini, kemudian bersama membentuk grup idol baru dan seolah-olah tidak ada pemenang di musim ke-7 kompetisi ini.

Mimin sebenarnya cukup setuju dengan perkataan Karin dan Ayano, peserta yang ter-eliminasi saat babak penyisihan, yang mengungkapkan bahwa kenapa jika ujung-ujungnya mundur, tidak mengundurkan diri saat babak penyisihan saja?

[Review] SELECTION PROJECT - Episode 3 — 12 4

Tapi setelah melihat perjuangan mereka membentuk grup idol, membuat kostum, membuat lagu, latihan menari, melakukan rapat online, membuat akun sosmed resmi grup mereka, serta menyebarkan pamflet, jujur saja mimin cukup apresiasi akan hal ini. Sepertinya serangan pertemanan “kita akan selalu bersama” sudah benar-benar merasuki roh mereka.

Niat kuat mereka ini sebenarnya tidak kalah dari anime-anime idol lain. Kurang lebih tingkat perjuangan-nya sama. Walaupun menurut mimin yang lebih banyak ujian-nya itu tetap Love Live!. Karena disini 9-tie memang sudah terbentuk dan semuanya sama-sama suka bernyanyi serta ingin menjadi idol.

 

Nasib 9-tie?

Episode 12 memperlihatkan Suzune yang masih belum terbangun karena pingsan. Meskipun di bagian epilog memperlihatkan ia sepertinya akan segera sadar. Disini pun diperlihatkan ia bermimpi bertemu mendiang Amasawa Akari, sang legenda yang merupakan pemenang SELECTION PROJECT musim pertama.

[Review] SELECTION PROJECT - Episode 3 — 12 5

Entah apa yang akan terjadi dengan Suzune. Lebih-lebih bagaimana nasib 9-tie? Untuk lolos mereka harus mengumpulkan 2.000.000 yell. Dan tanpa penampilan dari SuzuRena mereka tidak akan mencapai hal itu.

Episode selanjutnya, yaitu episode 13 merupakan episode terakhir. Dan dari sini-lah kita akan melihat nasib dari 9-tie ini. Walaupun firasat mimin mengatakan bahwa mereka tetap akan lolos dan menjadi juara di musim ke-7 kompetisi ini. Mungkin saja Suzune akan bangun dan langsung tampil dengan Rena?

Tapi yang sangat disayangkan itu jika mereka menang dengan suara kasihan. Maksudnya disini adalah karena suara yang diberikan dari penonton ini karena iba melihat perjuangan dari 9-tie selama ini. Sebab disini Jun a.k.a. Sumipanda telah memperlihatkan semua tayangan perjuangan 9-tie dalam kompetisi ini.

Hal yang sangat jarang dalam dunia per-idolan di anime. Mungkin dari segi perjuangan membentuk grup dan menjadi idol, anime ini memang tidak sebanding dengan anime idol lain. Namun dalam hal momen yang dramatis, anime ini sudah mampu bersaing.

Mari kita nantikan momen apa yang akan terjadi di episode terakhir anime ini nantinya~!

 

🔗 Selection Project Official Website

[Review] Takt Op. Destiny – Episode 12 (END)

Previous article

Anime Ryman’s Club akan Mulai Tayang pada Tanggal 22 Januari

Next article

Komentar

More in Anime

You may also like