Panitia Comic Market (Comiket) bekerja sama dengan Nico Nico Net Cho Kaigi untuk acara “Air Comiket” virtual yang akan berlangsung dari 1 hingga 5 Mei. Acara virtual ini menggantikan konvensi dojinshi fisik Comic Market 98, yang semula dijadwalkan untuk berlangsung di Tokyo Big Sight mulai 2 Mei hingga 5 Mei hingga dibatalkan untuk membantu mencegah tersebarnya penyakit coronavirus baru (COVID-19). Ini adalah bagian dari inisiatif yang lebih luas yang disebut “Ganbarō Dōjin!” (Do Your Best, Dōjin!) yang mendukung kreator dojin.

Panitia menjalankan kampanye pendahuluan dari 12 hingga 19 April. Selama periode ini, orang-orang didorong untuk mengirimkan gambar kreasi mereka di Twitter, Instagram, YouTube, Nico Nico Doga, dan Nico Nico Livestreaming dengan tagar #エアコミケ準備室 (ruang persiapan Air Comiket), #ネット超会議2020 (Net Cho Kaigi), dan #参加 (Partisipasi). Komite kemudian berencana untuk mendukung kreator-kreator selama periode Air Comiket.

Panitia sedang menjajaki kemungkinan mengompilasikan semua dojinshi dan lingkar yang tercantum dalam katalog acara dan menyediakan tautan ke situs e-commerce yang menangani mereka. Ada juga rencana untuk mengadakan presentasi online di situs streaming video Nico Nico Doga.

Selain itu, toko retail dojinshi, Comic Toranoana dan Melon Books akan mendistribusikan tas yang awalnya dibuat untuk Comiket 98 kepada mereka yang membeli barang-barang senilai lebih dari 3.000 yen dari toko selama periode Air Comiket. Retail itu sebelumnya mengumumkan bahwa mereka akan memberikan semua hasil dari penjualan Katalog Comic Market 98 kepada panitia penyelenggara Comiket. Katalog mulai dijual pada tanggal 11 April.

Dalam livestream Nico Nico pada tanggal 12 April, perwakilan Panitia Comic Market Kōichi Ichikawa menjelaskan beberapa keadaan di balik pembatalan Comiket 98. Dia mengatakan bahwa panitia telah melakukan diskusi tentang pembatalan acara dari akhir Februari. Pada tanggal 26 Februari, pemerintah Jepang meminta penyelenggara acara untuk “menahan diri” dan membatalkan acara selama dua minggu. Namun, langkah-langkah menjaga jarak sosial berlanjut bahkan setelah periode ini. Selain itu, panitia menganggap bahwa mereka tidak dapat mematuhi pedoman yang disarankan pemerintah untuk menghindari pertemuan besar di ruang tertutup dan berventilasi buruk. Masalah terakhir adalah lonjakan berturut-turut dalam kasus coronavirus di Tokyo sejak 20 Maret.

Ichikawa mengatakan bahwa ia berharap para penggemar akan dapat mengumpulkan beberapa antusiasme yang sama untuk Comiket online pertama kali ini seperti yang mereka lakukan untuk Comiket biasa. “Aku ingin bangun jam 4 pagi setiap hari untuk Comiket seperti yang kulakukan setiap tahun, dan memasukkan semua energiku ke dalamnya,” katanya.

Dia juga lanjut menekankan bahwa membeli katalog akan mendukung acara di masa depan, dan bahwa Comiket 99 akan secara langsung dipengaruhi oleh penjualan.

Katalog tersebut secara singkat menjadi buku terlaris di Amazon Jepang setelah pengumuman pembatalan acara pada tanggal 27 Maret. Toranoana dan Melon Books keduanya menawarkan ilustrasi bonus yang digambar oleh seniman dojinshi dan barang-barang lainnya untuk mereka yang membeli atau pre-order katalog melalui toko mereka.

Panitia mencatat bahwa mereka tidak dapat mengkonfirmasi apakah tempat Tokyo Big Sight akan tersedia pada bulan Desember ini, atau pada bulan Juli dan Agustus 2021, sejak Olimpiade Tokyo telah ditunda dari musim panas tahun ini. “Rencana untuk Comic Market 99 (Winter 2020) akan diumumkan secara terpisah, begitu jadwal dan tempat telah dikonfirmasi.”

Sumber: ANN

Mitōhan
Retired (27/10/2023)

Io Sakisaka, Kreator Blue Spring Ride, Akan Terbitkan Manga One-Shot Baru Pada Bulan Mei

Previous article

Anime Aria Baru untuk Ulang Tahun Ke-15 Adalah Film Teatrikal Baru

Next article

Comments

More in Event

You may also like